Saya sempat vakum tidak menulis beberapa minggu karena kesibukan dan ada beberapa masalah pribadi. Inshaallah doakan mulai sekarang saya istiqomah lagi nulis minimal seminggu 2x, mohon diingatkan :D
Kali ini saya bahas tentang aki starter. Di tempat kerja saya ada unit Emergency Diesel Generator (EDG) yang berfungsi untuk mensuplai daya PS Pembangkit ketika terjadi Blackout atau Backfeeding ke PS Pembangkit kita hilang. Unit EDG ini adalah genset CAT 700kVA (C18).
Dalam sebuah genset, terdapat banyak sistem didalamnya mulai dari sistem pembakaran bahan bakar, sistem pendinginan, dll. Salah satunya yang memerlukan aki adalah sistem starter engine. Bawaan dari pabrikan CAT, aki untuk starter engine nya memiliki spesifikasi:
Merk CAT
12 Volt
90 Ah
Teknologi Baterai "Maintenance Free"
Sayangnya aki bawaan pabrik ini sudah drop tegangannya. Meski sudah coba dicas, tidak bisa full charge. Pernah kami cas memang tegangannya naik dari 10 Volt ke 12.5 Volt, tetapi charger nya tidak mengindikasikan aki sudah full charge. Karena kami belum mempunyai alat Battery Tester yang mengukur impedansi baterai (masih dalam tahap pengadaan), sementara kami menyimpulkan bahwa ada masalah pada aki ini. Memang tidak ada aki yang sempurna, meskipun menggunakan teknologi "maintenance free", tetapi suatu saat bisa aus juga. Maklum sudah 2 tahun lebih kita pakai aki ini.
Karena mencari aki yang sama dengan pabrikan membutuhkan waktu pengadaan yang cukup lama, menuntut kami untuk improvisasi mencari aki yang tersedia di Pulau Belitong ini. Kami pergi ke bengkel-bengkel mobil untuk mencari aki yang speknya sama, tetapi tanpa embel-embel "maintenance free". Karena kami lebih terbiasa melakukan maintenance ke baterai secara periodik (preventive maintenance) dibandingkan menunggu baterainya rusak tiba-tiba (breakdown maintenance).
Alhasil kami mendapatkan produk yang menurut kami cukup bagus diantara aki mobil lainnya yang tersedia di pasaran pulau Belitong ini. Spesifikasinya agak lebih besar kapasitasnya yaitu 100 Ah, yang mestinya tidak menjadi masalah malahan bagus karena aki yang baru ini lebih tahan lama karena kapasitasnya lebih besar dari aki sebelumnya yang hanya 90 Ah.
Merk GS Astra
12 Volt
100 Ah
Teknologi Baterai Lead-Acid
Saya dapat informasi dari pemilik bengkel nya, sebut aja si Kokoh. Si kokoh bilang mau aki basah ataupun aki kering (maintenance free), sebenarnya isinya sama saja "basah" karena di dalamnya sama-sama ada larutan elektrolit. Perbedaannya, aki basah bisa di top-up larutan elektrolitnya sedangkan aki kering tidak bisa.
DISCLAIMER: Ini Menurut Mbah Google.
Saya berusaha Tabayyun (cari kebenaran) dari perkataan si Kokoh tadi, iseng-iseng cari di Mbah Google tentang teknologi "Maintenance Free Battery" ini. Setelah aku coba cari tahu, bisa saja si Kokoh itu benar, bisa juga salah. Untuk kasus aki mobil, teknologi Maintenance Free ini perbedaannya bisa saja terletak hanya pada elektroda baterainya. Aki mobil biasa menggunakan elektroda Antimony Alloy, sedangkan aki Maintenance Free menggunakan elektroda Calcium Alloy.
Baterai Maintenance Free (MF) sering dikenal juga dengan baterai VRLA (Valve Regulated Lead-Acid) . Baterai VRLA adalah teknologi yang dikembangkan dari Lead-Acid yang biasa. VRLA sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu VRLA basah dan VRLA kering. VRLA basah memiliki konstruksi yang sama dengan baterai Lead Acid biasa tetapi ada tambahan Pressure Relief Valve.
Sedangkan VRLA kering, dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu baterai AGM (Absorbent Glass Mat) dan baterai Gel. Penjelasan lebih detail tentang bagaimana teknologi baterai tersebut bekerja, kurang menarik bagi saya saat ini. Yang jelas, selama ini saya sudah pernah lihat VRLA basah di tempat saya bekerja, dan VRLA kering jenis Deep Cycle Gel saat saya kerja praktik industri dulu.
Sekian dulu, sepertinya masih banyak yang bisa digali tentang dunia baterai ini. Saya ingin mempelajari cara mengetahui kondisi baterai yang benar gimana, atau membahas tentang charger baterainya bisa menjadi topik yg menarik juga untuk tulisan berikutnya.
Salam,
Fajar
Comments
Post a Comment